Comments

Side Ads

Blogroll

Senin, 02 November 2015

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Tips Bermain Minecraft Survival ModeMinecraft adalah permainan sandbox. Permainan ini awalnya diciptakan oleh pencipta asal Swedia, Markus "Notch" Persson, dan sekarang dikembangkan oleh perusahaannya, Mojang. Pada tahun 2011, Jens Bergensten, juga dikenal dengan nama samaran Jeb, mengambil alih kontrol Minecraft. Minecraft dirilis dari alpha pada 17 Mei 2009, dengan versi beta pada tanggal 20 Desember 2010. Resmi untuk versi iOS, Android dan versi lengkap dari PC dirilis pada 18 November 2011 di MineCon 2011, dan juga tersedia di android Market Pada tanggal 9 Mei 2012. Minecraft dirilis pada Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, dikembangkan oleh 4J Studios saat tanggal 25 Mei 2012, permainan ini telah terjual lebih dari tujuh juta penjualan pada PC dan lebih dari sembilan juta kopi di semua platform.

Minecraft adalah permainan sandbox yang dapat menghancurkan atau menempatkan blok untuk membangun apapun yang anda inginkan sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi kita sendiri. Pada awalnya para crafter harus membangun tempat tinggal untuk melindungi diri dari serangan monster yang biasa muncul dimalam hari. Tetapi karena semakin berkembangnya game Minecraft, sekarang pemain dapat bekerja sama dengan orang lain ataupun teman untuk menciptakan hal hal yang lebih indah dan imajinatif dalam dunia Minecraft.

Pada artikel kali ini, kami hanya membahas Survival Modenya saja. Di mode ini kita disuruh untuk Bertahan Hidup, menghindari dari serangan-serangan Zombie, Penyihir dan, Laba-laba goa. Mereka biasanya akan muncul dimalam hari. Jadi, bila hari telah malam sebaiknya anda harus melindungi karakter anda dari serangan-serangan monster tersebut di sebuah tempat yang tertutup dan tidak dapat dimasuki oleh mereka. Di mode ini juga kita disuruh untuk mencari sumber daya sendiri, dengan bertambang atau mining. Lalu bagaimanakah cara bermain Minecraft di Mode Survival? Berikut Tutorial dan Panduan awal bermain Minecraft.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Tentunya pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat dunianya atau spawn world.  Setelah dunia sudah dibuat, yang harus kita lakukan selanjutnya ialah mengumpulkan Wood (kayu). Untuk mendapatkan kayu anda hanya perlu mencari sebuah pohon lalu memotongnya dengan menggunakan tangan karakter minecraft anda (Klik kiri untuk memotong kayu). Kumpulkanlah blok kayu secukupnya saja, kurang lebih 20 blok kayu. (Ingat, lakukanlah pemotongan kayu saat siang hari, agar anda tidak terbunuh oleh Monster)

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Jika kayu sudah terkumpul, carilah tempat untuk berlindung, Saran kami sebaiknya anda mencari tempat yang memiliki banyak blok stone (batu). Agar memudahkan anda untuk Mining (menambang),

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Jika sudah menemukan tempat yang tepat untuk dijadikan tempat berlindung ataupun tempat tinggal. Langkah selanjutnya adalah memulai proses Crafting, tekan tombol 'E' untuk membuka inventory. Setelah terbuka disana akan terlihat banyak Kotak-kotak yang 'mungkin' membuat anda bingung. Sedikit penjelasan dari kami mengenai kotak-kotak yang ada di inventory tersebut. 4 Kotak dikiri atas yang sejajar dari atas ke bawah adalah tempat untuk memasang armor yang dapat kita buat dengan element atau bahan-bahan hasil tambang. lalu dibagian kananya ada 4 kotak adalah tempat untuk kita Crafting, dan 1 kotak disebelahnya lagi adalah hasil dari crafting tersebut. lalu Dibawahnya ada 3x9 kotak itu adalah kotak persediaan kita, kita dapat menyimpan beberapa item di kotak tersebut, dan 9 kotak yang dibawahnya lagi adalah kotak aktif, dengan 9 kotak tersebut kita dapat langsung menggunakan item yang kita taruh di kotak tersebut dengan hanya menggunakan Scroll Mouse.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Kembali lagi ke proses crafting 'Posisi masih tetap menampilkan inventory', masukkan semua batang kayu tersebut ke 4 kotak yang ada tengah atas, terserah mau diposisi mana. Jika kotak sebelahnya muncul Wood Plank (papan kayu) maka proses crafting berhasil. Ambil semua wood plank tersebut lalu simpan di inventory anda. lakukan terus sampai Wood (kayu)nya habis.
Setelah mempunya Wood Plank buatlah sebuah Crafting Table (Meja Pengrajin) dengan melakukan crafting menggunakan Bahan Wood Plank

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Masukkanlah Wood Plank ke setiap kotak crafting, dan kita akan melihat crafting table di kotak sebelah kananya. Ambillah crafting table tersebut dan taruh di kotak aktif. Tempatkanlah crafting table itu disembarang tempat, agar crafting table dapat langsung digunakan. Untuk menggunakannya anda tinggal mengklik kanan tepat di crafting table tersebut, maka akan muncul Kotak crafting 3x3 disana.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Sekarang buatlah Sebuah Stick (Tongkat) menggunakan Crafting Table tersebut. Masukkan Wood Plank Seperti Contoh gambar dibawah ini (ingat jangan habiskan Wood Plank, Buat Stick secukupnya saja), Lalu Ambil Sticknya dan simpan di inventory.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Jika sudah mempunyai Stick, Saatnya kita membuat alat penghancur batu (Pickaxe), Dengan Pickaxe ini tentunya kita dapat menghancurkan batu lebih cepat daripada tangan kosong dan kita bisa Mendapatkan Cubblestone jika menghancurkan batu dengan Pickaxe. Susunlah Stick dan Wood Plank di Crafting table seperti gambar dibawah ini.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Bila sudah punya Pickaxe Sekarang saatnya Kita Hancurkan Stone (batu) menggunakan Pickaxe tersebut. Hancurkan Batunya dan buatlah Ruangan Persegi, tidak perlu besar-besar, buatlah Ruangannya dengan ukuran yang Secukupnya saja untuk tempat kita berlindung sementara waktu.


Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Jika Ruangannya sudah cukup, Selanjutnya kita kembali lagi ke Crafting Table dan Gunakan Cobblestone yang kita dapat dari menghancurkan batu tadi untuk membuat Pickaxe yang lebih kuat lagi. Cara Craftingnya sama saja seperti membuat Wood Pickaxe sebelumnya, hanya saja kita harus mengganti Wood Plank dengan Cobblestone.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Setelah membuat Pickaxe yang lebih kuat, Sekarang saatnya Kita mencari Coal (batu bara), Carilah Coal disekitaran Stone, Coal ini hampir mirip dengan stone, tetapi memiliki tanda Bercak Hitam dipermukaannya. Jika sudah menemukannya, Hancurkanlah Coal tersebut. Carilah Coal Sebanyak-banyaknya, karena Coal ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Jika Coal sudah terkumpul banyak, Kembalilah ke tempat anda menaruh Crafting Table, lalu Hancurkanlah Crafting Table tersebut dan ambillah kembali, lalu tempatkan Crafting Table ini ke Ruangan yang sudah anda buat tadi.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Gunakanlah Crafting Table untuk membuat Torch (obor) dengan cara menyusun Stick dan Coal seperti gambar dibawah.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Buatlah Wooden Door dengan menggunakan Wood Plank, susunlah Wood Plank 2x3 Seperti gambar dibawah ini, jika sudah ambillah Pintu tersebut dan tempatkan ke 9 Kotak aktif.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Nah sekarang, tutupilah tempat berlindung anda Dengan Cobblestone dan Pintu. untuk mencegah datangnya Zombie dkk. (Jika anda memilih level Sulit, Pintu dapat dihancurkan oleh mereka, maka dari itu lebih baik anda memilih level Normal saja)

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Kembali lagi ke Crafting Table, buatlah sebuah Chest dan Furnace dengan menggunakan Wood Plank dan Cobblestone. buatlah 2 buah Chest dengan menggunakan Wood Plank 'saja', susunlah melingkari kotak crafting dan biarkan kotak yg ditengah kosong. jangan lupa buat juga Furnace dengan menggunakan Cobblestone 'saja', susunlah seperti kita membuat chest tadi, jika bingung lihat gambar dibawah ini.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Tempatkanlah Chest dan Furnace disamping Crafting Table (sebenarnya terserah anda mau menaruh dimana, tapi lebih baiknya anda menaruhnya disamping Crafting Table agar lebih memudahkan)
Sebelumnya saya akan jelaskan dulu apa itu Chest dan Furnace.
Chest adalah Lemari atau Tempat untuk menyimpan barang-barang yang kita punya.
Furnace adalah Tungku pembakaran untuk Memasak makanan, Membakar dan meleburkan bijah Besi dll.

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Sekarang saatnya kita Mining (Menambang), banyak kejadian yang cukup menyebalkan bagi Player Minecraft saat melakukan Mining, salah satunya ialah tidak bisa Naik ke permukaan dan terjebak dibawah tanah, hal ini terjadi karena mereka menggunakan teknik yang salah, sebenarnya Mining memiliki beberapa cara, tetapi ada 1 cara yang mungkin menurut saya lebih efektif, dengan membuat jalan sampai kebawah, membentuk seperti tangga, ini dapat memudahkan kita untuk naik dan turun agar tidak terjebak di bawah. lalu carilah banyak harta karun dibawah seperti, Bijah besi, Emas, diamond, dll

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Semakin dalam anda menambang, Semakin bagus juga harta karun yang didapatkan,kita bisa menemukan Gold Ore (bijih emas) bahkan kita bisa mendapatkan Diamond Ore (bijih diamond). tapi perlu diperhatikan juga, semakin dalam tambangan anda, semakin banyak juga monster-monster yang dapat menyerang kalian sewaktu-waktu, jadi berhati-hatilah saat menambang.

Bila anda menemukan Gold Ore atau Diamond Ore lalu ingin memecahkannya sebaiknya gunakanlah Iron Pickaxe, karena jika menggunakan Stone Pickaxe anda tidak akan mendapatkan Bloknya di inventory mu. maka dari itu Gunakanlah Pickaxe untuk menghancurkan Gold Ore atau Diamond Ore.
Bagaimana cara membuat Iron Pickaxe? caranya sama seperti kita membuat Stone / Wood Pickaxe.
Jika anda tidak tahu bagaimana bentuk dari Bahannya silahkan lihat gambar dibawah :

Tips Bermain Minecraft Survival Mode

Semoga Bermanfaat.

Demikian artikel Tips Bermain Minecraft Survival Mode, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan info dan penulisan, silahkan memberi kritik dan saran dan tetap berkunjung di AXOTECHNO™.

Anda juga dapat membaca artikel :

0 komentar

Posting Komentar